Bupati Humbahas Pimpin Rapat Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Petani Doloksanggul

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE memimpin Rapat dalam rangka melakukan langkah-langkah pemutusan mata rantai penyebaran/ penularan Covid-19 dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Petani akibat Covid-19 (5/5) di Lobby Kantor Bupati Humbang Hasundutan, Perkantoran Bukit Inspirasi.

Hadir pada rapat dimaksud, Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Ramses Lumbangaol, SH, Kapolres AKBP Rudy Hartono, SIK, MM, mewakili Dandim 0210/ TU, Mayor Wasno, Anggota DPRD Provsu Jonius TP Hutabarat, Pantur Banjarnahor, Irwan Simamora, Budieli Laia, Berkat Kurniawan Laoli, anggota DPRD Humbahas Kepler T. Sianturi, Roberto Simanullang, Jamanat Sihite, Poltak Purba, Tingkos S. Martua Silaban, Moratua Gajah, Tokoh adat, tokoh agama, Ketua TP. PKK Humbahas, Ny. Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor, Wakil TP PKK Tiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Kabupaten Ny. Marista Tonny Sihombing, para Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan OPD serta camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE mengatakan situasi pandemi Covid-19 saat ini masker sulit didapat dan harganyapun mahal, sementara hal paling sederhana dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan jaga jarak, berperilaku bersih atau cuci tangan ( pola hidup sehat) dan memakai masker.
Oleh karena itu, Pemkab Humbahas memesan masker 200.000 peaces untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat dan nantinya semua warga Humbahas diwajibkan memakai masker termasuk yang datang dari luar daerah.

Dosmar, juga menyampaikan kepada DPRD Provsu yang hadir bahwa Gubernur Sumatera Utara sangat atensi kepada Kabupaten Humbang Hasundutan dengan membantu rapid test dan APD, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara.
Ditambahkan, refocussing dan realokasi APBD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Anggaran 2029 dalam percepatan penanggulangan Covid-19 ini Rp. 50 Miliar lebih. Dana ini akan diperuntukkan untuk tiga program / kegiatan, yaitu, Bantuan Tunai Langsung (BLT), pengadaan alat-alat kesehatan, seperti masker, APD dan lainnya serta yang ketiga, pemberdayaan ekonomi masyarakat petani.
Dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat petani akibat Covid-19, Pemkab Humbahas akan memberikan bantuan bibit jagung dan bawang merah, pupuk dan pengolahan lahan petani gratis.

Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing, MIP dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19) di Kabupaten Humbang Hasundutan telah dilakukan beberapa hal, antara lain realokasi/ refocussing APBD, pembentukan Posko Pusat dan Posko Perbatasan, pemberian wedang jahe, pemberian obat dan vitamin kepada masyarakat melalui Puskesmas, pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat-alat pendukung kepada Dinas Kesehatan dan RSUD Doloksanggul, pemberian Bantua Langsung Tunai (BLT).

Pada hari ini (5/5) akan menyampaikan masker pada masyarakat di 10 kecamatan dengan jumlah 200.000 peaces masker kain.
Sementara itu, Mewakili DPRD Provsu, Jonius TP Hutabarat mengapresiasi Pemkab Humbahas yang dengan sigap dan tanggap dalam penanggulangan covid-19 termasuk pembagian BLT dan pembagian masker. Dengan langkah-langkah yang diambil Pemkab Humbahas, DPRD Provsu yakin bisa menghempang penyebaran Covid-19 di daerah ini. Dalam waktu dekat kami akan membentuk Pansus Covid-19 di DPRD Provsu, untuk itu kami mengharapkan masukan-masukan dari setiap daerah dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19, sehingga ada bahan kami untuk disampaikan pada Pemprovsu.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol, SH dengan menyampaikan bahwa sampai saat ini masyarakat Humbang Hasundutan belum ada yang positif Covid-19. Hal ini berkat kerjasama semua pihak, Pemkab Humbang Hasundutan, Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat. Sebagaimana dilaporkan Bapak Sekretaris Daerah bahwa sudah banyak yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam penangguangan Covid-19 dan pada hari ini akan membagikan masker kepada masyarakat, kami sarankan agar masyarakat dihimbau untuk wajib memakai masker jika keluar rumah. Ramses, mengapresiasi langkah dan kebijakan Oemkab Humbahas melalui Gugus Tugas Percepatan Penangan Covud-19 di Kabupaten yang kita cintai ini.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Humbahas, AKBP Rudy Hartono, SIK, MM menyampaikan bahwa salah satu cara terbaik dalam memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona (covid-19) adalah dengan disiplin untuk jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker.

Rudi juga mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat agar menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak. Kebiasaan minum tuak pada masyarakat, bagi kami tidak ada masalah, pedoman kami adalah Perda. Akan tetapi yang terjadi himbauan pemerintah untuk ‘sosial distancing’ seakan akan diabaikan, ini yang perlu kita pikirkan. Minum tuak di kedai-kedai boleh saja selama mereka mengatur jarak (sosial distancing).

Penyerahan masker dilakukan secara simbolis dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan kepada Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan untuk selanjutnya diserahkan kepada Kapala Desa dan dibagikan kepada warga masyarakat.
Tokoh adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat sangat mendukung kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam penanggulangan covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Tim Gugus Tugas.

  Administrator
  06-05-2020, 09:22:18