Bupati Humbahas Serahkan Bansos Non-Tunai di Kecamatan Doloksanggul

Doloksanggul, Rabu 13 Mei 2020 - Dana Bantuan dari Kemensos Rp. 600.000,-/KK untuk 3 Bulan Tahap I sebanyak 6.698 KK. Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, SE menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) Perluasan Sembako kepada masyarakat di Aula Kantor Camat Doloksanggul Selasa (12/5). Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan diwakili Jamanat Sihite, Tokoh Masyarakat, RW. Manalu, Danramil Doloksanggul, Camat Doloksanggul dan seluruh Kepala Desa se- Kecamatan Doloksanggul.
Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan kepada masyarakat supaya semua tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan memperhatikan, pertama kalau keluar rumah selalu pakai masker, jaga jarak (physical distancing) dan cuci tangan. Bupati juga mangajak masyarakat untuk tidak hanya menunggu-nunggu bantuan karena ini hanya bersifat sementara tetapi tetaplah beraktivitas seperti biasa terlebih karena masyarakat Humbang Hasundutan mayoritas petani.
Ditambahkannya, untuk penanaman masa tanam kedua agar masyarakat menanam bawang merah dan jagung. Bawang merah dan jagung dari mulai tanam sampai panen lebih kurang tiga bulan, oleh karena itu agar masyarakat bisa panen dalam waktu dekat, sebaiknya menanam jagung dan bawang merah.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Vandeik Simanungkalit menyampaikan bahwa tujuan pemberian Bansos ini supaya tersalurkannya KKS Bantuan Perluasan Sembako. KPM dapat melakukan transaksi belanja sembako di e-warung yang telah dihunjuk sebagai penyalur sembako di Kabupaten Humbang Hasundutan dan diharapkan ditengah wabah pandemi Covid-19, KPM mampu menambah kebutuhan pangannya.
Adapun Perluasan Sembako sebanyak 3.526 KK dengan jumlah di Kecamatan Doloksanggul sebanyak 1.085 KK, lainnya tersebar di Sembilan kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan.
Waktu dan tempat berbeda, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia diserahkan kepada masyarakat di Kantor Pos Kecamatan Doloksanggul, Rabu (13/5). Penyerahan secara simbolis diberikan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama Anggota DPRD, Manat Sihie didampingi Kadis Sosial, Vandeik Simanungkalit, Camat Doloksanggul. Kadis Sosial dalam laporan tertulisnya bahwa Dana Bantuan dari Kementerian Sosial RI sebanyak Rp. 600.000,-/KK untuk 3 bulan. Yang telah keluar data bayarnya ke Kabupaten Humbang Hasundutan untuk penyaluran Tahap I ini sebanyak 6.698 KK.
Adapun maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk terlaksananya penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2020 di Kabupaten Humbang Hasundutan. Penerima bantuan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, karena dengan bantuan ini bisa meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan pokok terutama pada situasi saat ini yaitu pandemi Covid-19 - (Diskominfo)

  Administrator
  14-05-2020, 08:51:08