Bupati Humbahas Tinjau Sejumlah Tempat Ibadah Dalam Rangka Pelaksanaan New Normal

Doloksanggul (4/6) - Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor,SE, Wakapolres Kompol Eniali Hulu didampingi Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, MIP melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah sekitaran Kota Doloksanggul (4/6) dalam rangka pelaksanaan New Normal di Kabupaten Humbang Hasundutan. Peninjauan ini diawali di Mesjid Raya Doloksanggul kemudian ke sejumlah gereja di sekitaran Doloksanggul.

Sebelumnya Forkopimda dan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sudah sepakat untuk melaksanakan New Normal di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan melaksanakan protokol kesehatan yaitu: pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah sesuai dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19, Bupati bersama rombongan mengecek fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan dan marka (tanda) posisi jarak di Mesjid dan Gereja.

Mesjid Raya Doloksanggul sudah membuat cuci tangan lengkap dengan hand wash (sabun) dan marka untuk mengatur jarak Jemaah saat sholat.
Menurut pengurus Mesjid bahwa mereka sudah siap melaksanakan sholat jumat dan secepatnya akan mengirimkan surat pernyataan kesiapan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam peninjauan tempat-tempat ibadah ini, Dosmar selalu menekankan agar pengurus dan seluruh umat yang beribadah melaksanakan dengan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sama halnya dengan gereja-gereja yang ditinjau oleh Bupati bersama rombongan, fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan dan marka dalam menjaga jarak menjadi prioritas. Ibadah di gereja juga akan dimulai jika gereja sudah siap dan mengirim surat pernyataan kesanggupan oleh pengurus Gereja kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Humbahas.

Untuk pemakaian masker Dosmar menyarankan agar jemaat tidak boleh beribadah di Mesjid atau Gereja kalau tidak pakai masker.

Tindaklanjut dari surat pernyataan kesanggupan kesiapan dari pengurus Mesjid, Gereja atau ibadah lainnya, Camat dan Kepala Desa akan turun langsung melakukan peninjauan di wilayah masing-masing tentang kesanggupan pengurus tempat ibadah melaksanakan protokol kesehatan.
Jika pengurus tempat ibadah tidak mampu memenuhi protokol kesehatan maka Gugus Tugas akan melakukan evaluasi. (DISKOMINFO)

  Administrator
  05-06-2020, 14:05:09