Bupati Humbahas vidcon dengan Menteri Pertanian bahas Ketahanan Pangan Nasional

"Kabupaten Humbahas Ikut Sebagai Daerah Lumbung Ketahanan Pangan Nasional", Selasa,12 Mei 2020.
Kementerian Pertanian RI melakukan pertemuan dengan Gubernur dan Bupati Se - Indonesia dalam kegiatan Gerakan Panen Padi Bersama melalui daring aplikasi video conference zoom.
Pertemuan tersebut langsung dihadiri Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH, Gubernur Jawa Timur, Gurbernur NTT bersama Bupati Se-Indonesia.
Dalam sambutannya, Menteri Pertanian mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pemerintah Daerah yang dapat hadir dalam pertemuan secara daring ini sehingga dapat bertatap muka langsung dengan Gubernur dan Bupati yang berada langsung di lokasi lahan pertanian untuk melaksanakan panen padi bersama dan melihat kondisi ketersediaan pangan didaerah masing-masing yang diharapkan kondisi pangan di Indonesia dapat terjaga dengan baik.
Ditambahkannya, persiapan pangan atas dampak covid-19 ini agar menjadi perhatian serius kita semua. Diminta kepada Gubernur bersama Bupati bahu membahu dan bergotong royong dalam menjaga ketersediaan pangan Indonesia.
Berdasarkan ramalan cuaca dari BMKG akan terjadi kemarau panjang, agar segera dipersiapkan lahan-lahan pertanian. Lahan yang telah panen untuk segera dilakukan persiapan penanaman.
Dalam paparannya dihadapan Menteri Pertanian dan Para Gubernur dan Bupati Se – Indonesia melalui aplikasi zoom langsung dari lahan pertanian di tengah persawahan Desa Bonan Dolok Kecamatan Lintongnihuta, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menjelaskan bahwa pada saat ini Humbang Hasundutan tepat pada musim panen padi. Hasil pengubinan diperkiraan 6,24 ton per ha dengan luasan 80 ha sudah siap panen di Desa Bonan Dolok. Untuk pertanaman musim kedua, bulan Mei Humbang Hasundutan memprioritaskan penanaman bawang merah dan jagung.
“Saat ini di Humbang Hasundutan terdapat lahan sekitar 50.000 ha yang dapat diolah menjadi lahan tanaman padi gogo, jagung, maupun holtikultura.
Kami membutuhkan penambahan eskavator Pak Menteri, memang kami sudah menerima eskavator dari Pak Menteri sekitar 11 unit tapi alat tersebut masih kurang. Harapan kami pada momen ini, kebetulan saya sedang bersama petani, kalau boleh Pak Menteri agar kami bisa dibantu, biar lahan kami boleh dibuka kembali sehingga lahan pertanian boleh bertambah luas Pak dan padi gogo sekarang menjadi komoditi terbaru di Humbahas karena hasilnya sangat luar biasa” ujar Dosmar.
Lebih lanjut, Bupati Humbahas menjelaskan bahwa Pemkab Humbahas telah melakukan refocusing anggaran untuk penanganan dampak covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan yang dipergunakan dalam rangka ketahanan pangan melalui pemberian bantuan pengolahan gratis, bantuan benih/bibit dan pemberian pupuk.
“Bibit jagung dan bawang merah diberikan secara gratis. Pemberikan insentif berupa pembebasan biaya pengolahan lahan petani secara gratis melalui excavator 11 unit dan traktor 63 unit”, kata Bupati kepada Menteri Pertanian.
Ditempat yang sama, Kadis Pertanian Humbahas
Ir. Junter Marbun, MM mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan Kementerian Pertanian untuk memastikan kondisi pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan atas dampak pandemi covid-19.
“Kita patut bangga atas terpilihnya Kabupaten Humbang Hasundutan langsung melaporkan kepada Menteri Pertanian kondisi pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Bupati Humbahas mendapat kesempatan urutan ke 14 dari 15 Kepala Daerah Se-Indonsia melalui Vidcon”, kata junter.
Drs. Hotman Hutasoit, Kadis Kominfo Humbahas menjelaskan bahwa kegiatan telewicara Bupati Humbahas dengan Menteri Pertanian dapat berjalan dengan lancar atas sarana dan prasarana yang dipersiapkan oleh Dinas Kominfo. Sebelum dilaksanakan kegiatan ini, kemarin kami bersama Dinas Pertanian Humbahas melakukan survey lokasi untuk memastikan jaringan tersedia yang dapat digunakan untuk kegiatan telewicara.
“Kami harus benar-benar mempersiapkan vidcon tersebut karena Kementerian Pertanian meminta vidcon berada di lahan persawahan padi yang siap panen. Lokasi yang ditunjuk Dinas Pertanian Humbahas berada di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Lintongnihuta”, jelas Hotman.
Para Pejabat yang hadir mendampingi Bupati melakukan Vidcon dilahan persawahan padi di Desa Bonan Dolok, Asisten Administrasi dan Kesra Drs. Janter Sinaga, Inspektur Kabupaten Drs. B.P Siahaan, MM, Camat Lintongnihuta Rahmat Lumbantoruan, Kepala Desa Bonan Dolok; beserta Kelompok Tani Sinar Tani - (Diskominfo)

  Administrator
  13-05-2020, 09:48:11