Klarifikasi Pengadaan Masker Helpsmask (Healthy Protectiver Shield) yang berasal dari PT. Trisula Textile Industries Tbk

Sekaitan dengan pernyataan/pendapat yang beredar di tengah masyarakat melalui media sosial tentang pengadaan masker helpsmask (healthy protectiver shield) yang berasal dari PT. Trisula Textile Industries Tbk, perlu kami sampaikan klarifikasi sebagai berikut :

  1. Kami menghargai dan menyampaikan apresiasi atas kepedulian melalui kritikan yang disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan dengan hak dan kewenangan masyarakat atas kebijakan Pemerintah. Namun, kami sangat menyesalkan pernyataan yang mengakibatkan opini yang berbeda dengan fakta dilapangan, perlu kami luruskan untuk tidak menjadi asumsi yang salah/bias terhadap pengadaan masker dimaksud.
  2. Kami sampaikan bahwa setelah Covid-19 menjadi wabah Nasional, pada bulan Maret s.d. awal April 2020, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan berkewajiban untuk menyediakan APD (Alat Pelindung Diri) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, utamanya masker, namun masker tersebut sangat langka/terbatas dipasaran.
  3. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan berupaya untuk menghubungi/berkoordinasi dengan semua pihak termasuk pabrik yang memproduksi masker, namun sangat sulit dan langka untuk memperoleh masker. Melalui informasi Putra/Putri Pemerhati Humbang Hasundutan diperantauan yang memiliki kepedulian, perhatian dan memiliki jaringan yang luas, maka ditemukan perusahaan yang mampu dan bersertifikasi SNI dalam pengadaan masker jenis helpsmask dan mampu memproduksi dalam jumlah besar dalam waktu singkat.
  4. Bahwa proses pengadaan masker tersebut dilakukan oleh Gugus Tugas melalui OPD fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan sesuai ketentuan pengadaan barang dan jasa pemerintah selama masa pandemi covid-19 sebanyak 200.000 pcs, tanpa ada hubungan yang khusus/pribadi dengan penyedia dan tidak ada mendapat komisi/fee, hal ini dapat kami pertanggungjawabkan.
  5. Adapun jumlah 200.000 pcs masker tersebut adalah berdasarkan analisa kebutuhan dari jumlah Penduduk Kabupaten Humbang Hasundutan.
  6. Terkait dengan pernyataan tentang pemberdayaan penjahit di Kabupaten Humbang Hasundutan, kami jelaskan bahwa penjahit/UMKM/perusahaan yang berada di sekitar wilayah Humbang Hasundutan tidak mampu memenuhi bahan standar/spesifikasi protokol kesehatan, tidak memiliki sertifikat SNI, tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar dengan waktu singkat dan mengingat pengadaan masker adalah mempergunakan uang negara, maka harus sesuai mekanisme/prosedur yang berlaku.
  7. Oleh karena itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan menunjuk PT. Trisula Textile Industries Tbk sebagai penyedia masker jenis helpsmask yang mampu memenuhi ketentuan/kriteria tersebut diatas, antara lain tersertifikasi SNI, ISO 9001:2015, Peringkat Gold pada SNI Award Nasional, berdiri sejak Tahun 1968, dan merupakan produsen kain yang sudah terkenal di dalam dan di luar negeri.
  8. Masker helpsmask adalah masker non medis yang diproduksi secara higienis yang memiliki kelebihan antara lain : fungsi anti mikroba, fungsi anti tetesan air/ anti droplets/ water repellent, masker dari kain terbuat dari 100% polyester filament texturized tanpa perwarna dan tanpa pemutih sehingga lebih sehat digunakan, dapat digunakan kembali/ Reusable sampai dengan 30 kali cuci dan harus disetrika sampai 150 C supaya fungsi anti bakteri dan anti droplets tetap optimal, Breathable/ tetap nyaman bernafas saat digunakan.
    Sekali lagi kami tegaskan untuk tidak adanya dugaan yang salah bahwa Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE tidak memiliki hubungan pribadi, tidak mengenal dan tidak mengetahui dimana lokasi PT. Trisula Textile Industries Tbk berada dan pengadaan masker dilakukan melalui mekanisme pemesanan langsung ke perusahaan PT. Trisula Textile Industries, Tbk dan pembayaran dilakukan melalui transfer Bank, maka tidak ada pihak yang mendapat keuntungan dari pelaksanaan pengadaan masker dimaksud.
    Demikian kami sampaikan, mohon maklum.


Disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan.

  Administrator
  27-05-2020, 09:46:36