KPU Koordinasi ke Gugus Tugas Terkait Pelaksanaan Proses dalam Rangka Pilkada Serentak Tahun 2020

Doloksanggul (15/6) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan koordinasi tentang Pelaksanaan Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Humbang Hasundutan (15/6) di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan. Pelantikan PPS akan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Humbang Hasundutan pada Hari Senin, 15 Juni 2020 pukul 14.00 WIB di 10 Kecamatan. Koordinasi dilaksanakan pukul 08.30 WIB oleh Ketua KPU, Binsar Pardamean Sihombing bersama anggota KPU dan diterima oleh Ketua Gugus Tugas yang diwakili oleh Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP bersama Para Asisten, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kalak BPBD, Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP, Direktur RSUD Doloksanggul.

Dari hasil koordinasi bahwa pelaksanaan pelantikan PPS tetap bisa dilaksanakan di Kecamatan masing masing pada 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan mempedomani protokol kesehatan yaitu :wajib pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan. Hal ini tidak perlu dijelaskan lagi karena masing-masing Kecamatan sudah menyediakan cuci tangan, dan para pegawai serta staf di Desa dan Kecamatan sudah mengetahui protokol kesehatan. Demikian disampaikan Tonny Sihombing pada rapat koordinasi bersama Ketua KPU Kabupaten Humbang Hasundutan.

Tonny Sihombing, juga menambahkan bahwa Pemkab Humbang Hasundutan sudah mengerti tentang protokol kesehatan, namun kembali dipertanyakan kesiapan KPU dalam melaksanakan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 yang wajib melaksanakan protokol kesehatan. Disampaikan oleh Ketua KPU, Binsar Pardamean Sihombing bahwa ada 642 PPS yang akan dilantik di Kabupaten Humbang Hasundutan. Hal ini sekaitan dengan proses dan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 yang sudah dimulai pada hari Senin, 15 Juni 2020.

Sekaitan dengan kesiapan KPU dalam proses Pilkada Serentak, Binsar menyampaikan bahwa nantinya akan ada stiker yang ditempel ke seluruh rumah, yang perlu dipikirkan bersama bagaimana standar protokol kesehatan, apakah cukup dengan ‘face shield’, masker dan sarung tangan? Karena kita masih zona hijau. Karena pada proses pemilihan ini KPU secara langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sekda menyarankan agar setiap pelaksanaan proses tahapan Pilkada Serentak 2020 agar tetap mempedomani Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan - (Diskominfo)

  Administrator
  16-06-2020, 10:27:38