Pemkab Humbahas Rapat Bersama Tokoh Masyarakat Rencana Pelaksanaan Adat Pada New Normal

Doloksanggul (16/7) - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bersama Tokoh Masyarakat, LADN dan Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan melakukan rapat dalam rangka membahas Pelaksanaan Adat pada Masa Pandemi Covid-19 (16/7) di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Bukit Inspirasi.

Hal ini dibahas terkait pelaksanaan New Normal atau Tatanan Kehidupan Baru ( Adaptasi Kehidupan Baru) yang sudah diberlakukan oleh Pemerintah di Kabupaten Humbang Hasundutan. Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, MIP bersama Ketua LADN Patar Simamora dan diikuti oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Para Camat, LADN dan Pimpinan OPD.


Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) mengajukan Konsep dan Tata Cara Pelaksanaan Adat ditengah-tengah masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Konsep yang sudah diajukan dibahas dan disesuaikan dengan Pelaksanaan New Normal dengan mempedomani Protokol Kesehatan seperti Wajib Pakai Maseker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan termasuk thermogun (pengukur suhu tubuh).


LADN mengajukan sebuah konsep dengan penyederhanaan (adaptasi) kegiatan-kegiatan adat tanpa mengurangi makna dan filosopi adat itu sendiri. LADN membuka ruang kepada tokoh adat dan tokoh masyarakat di masing-masing daerah untuk melaksanakan adat dengan mempedomani protokol kesehatan.


Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, MIP dalam menyikapi konsep LADN menyampaikan bahwa hasil dari rapat ini untuk adaptasi pelaksanaan adat sehingga dalam pelaksanaan adat bisa berjalan tanpa menghilangkan makna dan filosopi adat dengan mempedomani protokol kesehatan. Diharapkan Adaptasi Pelaksanaan Adat dalam Tantanan New Normal semakin membaik sehingga ke depan mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus di Kabupaten Humbang Hasundutan - (Diskominfo)

  Administrator
  20-07-2020, 08:23:15