Rapat Forkopimda Bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Dalam Percepatan Penanganan Virus Corona Disease (COVID-19) Di Kabupaten Humbang Hasundutan

Doloksanggul, Rabu 8 April 2020 - Rapat Forkopimda Bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dalam percepatan penanganan Virus Corona Disease (COVID-19) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilaksanakan di ruang rapat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (8/04).

Pada rapat ini Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan dalam penaganan penyebaran Virus Corona Disease (COVID-19) di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Selain itu, Pemerintah perlu mendapatkan berbagai masukan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, S.E sebagai ketua Gugus Tugas Percepatan Penaganan COVID-19 Kabupaten Humbahas, bersama Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora menyampaikan situasi terkini penanganan virus Corona Disease (COVID-19) di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pemkab Humbahas sudah memesan masker standar WHO 200.000 pcs yang akan dibagikan pada masyarakat Humbang Hasundutan. Ada tiga pokok bahasan utama yang dibicarakan pada rapat tersebut, antara lain: 1. Kesehatan, 2. Ketahanan Pangan dan 3.Jaminan Sosial.

Dalam hal ketahanan pangan, persediaan beras dirasa cukup mengingat dalam waktu dekat akan musim panen di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemerintah juga melalui APBD sudah menyediakan anggaran untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan mengalami dampak langsung penurunan ekonomi akibat pandemi Virus Corona Disease (COVID-19).

Dosmar juga berharap "jangan sampai satu orang pun Masyarakat Humbang Hasundutan terpapar Virus Corona Disease (COVID-19).

Sementara itu, Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Rudi Hartono, S.IK., M.M menyampaikan bahwa kita perlu antisipasi bahwa virus ini tidak muncul tiba-tiba di Kabupaten Humbang Hasundutan, tetapi muncul melalui perantara (carrier) yang dibawa dari luar, sehingga bagaimana memutus mata rantai penyebaran virus ini adalah melalui pembatasan sosial (Social Distancing) maupun jaga jarak fisik sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona yang lebih luas (Physical Distancing).

Pada kesempatan rapat, Ketua DPRD Ramses Lumbangaol, S.E menyatakan mendukung langkah dan upaya yang dilakukan Pemkab Humbahas dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Disease (COVID-19) di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kapolres Humbahas juga mengapresiasi kesiapsiagaan personilnya yang berkerja di perbatasan-perbatasan atau posko yang sudah dibuat oleh Tim Gugus Tugas. Mereka melakukan pengukuran suhu tubuh dan melakukan pendataan kepada masyarakat yang masuk ke Kabupaten Humbang Hasundutan.

Lanjut Rudi, yang diperlukan saat ini adalah konsistensi kita baik petugas, sebagai aparatur negara, sebagai tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan. Semua ini tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, kalaupun pemerintah bekerja tetapi tidak didukung masyarakat, penyebaran itu akan masif juga demikian sebaliknya. Jadi yang dibutuhkan adalah kesadaran kita bersama.

Dandim 0210/TU yang dalam hal ini diwakili Pabung Humbang Hasundutan, Mayor Wasno mengajak seluruh lapisan masyarakat sama-sama mengikuti himbauan pemerintah dalam menangkal penyebaran Virus Corona Disease (COVID-19) seperti dan toko dan swalayan untuk menyediakan temat cuci tangan.

Tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang hadir mendukung sepenuhnya kebijakan yang diambil Pemerintah Daerah bersama Forkopimda Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hadir dalam rapat itu, tokoh Agama dari Denominasi Gereja, tokoh Majelis Ulama Indonesia (MUI), tokoh adat dan tokoh Pemuda.

Dipublis oleh:

Tim Gugus Covid-19 Humbang Hasundutan

  Administrator
  09-04-2020, 18:31:49