SATU ORANG WARGA PENDATANG DIDIAGNOSA PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) DIRUJUK KE RUMAH SAKIT GL TOBING DI TANJUNG MORAWA, KAB. DELI SERDANG, SUMATERA UTARA

Doloksanggul, 05 April 2020 SATU ORANG WARGA PENDATANG DIDIAGNOSA PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) DIRUJUK KE RUMAH SAKIT GL TOBING DI TANJUNG MORAWA, KAB. DELI SERDANG, SUMATERA UTARA

Informasi PDP yang perlu kami sampaikan, sebagai berikut:
• Nama/Ininsial : FP
• Umur : 47 Tahun
• Jenis Kelamin : Perempuan
• Pekerjaan : Wiraswasta
• Alamat: Pematang Siantar

Catatan : Sesuai kode etik medis tidak diperkenankan menyebutkan nama dalam menjaga kerahasiaan si pasien.

Kronologis Informasi kejadian:

Pada hari Rabu, 18 Maret 2020, yang bersangkutan dengan anaknya berkunjung ke rumah adiknya “EP” di Desa Sosor Gonting, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kemudian pada hari Kamis s.d Jumat, 19 s/d 20 Maret 2020, yang bersangkutan mengalami gejala Flu, Nyeri sendi dan Nyeri tulang.

Selanjutnya pada hari Sabtu, 21 Maret 2020, yang bersangkutan berobat ke RSUD Doloksanggul melalui UGD dengan keluhan: batuk, sakit tenggorokan, sesak napas.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter jaga UGD didapati adanya Tonsil Hiperemis.
Didiagnosa (ISPA) + ODP.

Dokter UGD memberikan terapi setelah berkosultasi dengan dokter Spesialis Paru, selanjutnya diedukasi untuk isolasi mandiri di rumah dari tanggal 21 s/d 3 April 2020.

Kemudian pada hari Sabtu, 4 April 2020, Tim Rapid Test Kabupaten Humbang Hasundutan melakukan Rapid Test Covid-19 kepada yang bersangkutan (FP) dengan hasil positif.

Selanjutnya dilakukan juga pemeriksaan photo thorax dan darah rutin sebagai syarat pendukung untuk melakukan rujukan ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19. Dari hasil pemeriksaan tersebut, maka dokter Spesialis Paru RSUD menegakkan diagnose pasien menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pada hari Sabtu, 4 April 2020 pukul 18.30 WIB, pasien sudah dirujuk ke Rumah Sakit GL Tobing (Rumah Sakit Rujukan Covid-19) di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Sekaitan dengan adanya informasi yang simpang siur di masyarakat bahwa pasien tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan RSUD Tarutung, tegas kami sampaikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR, yang benar adalah Pasien (FP) dirujuk ke Rumah Sakit GL Tobing (Rumah Sakit Rujukan Covid-19) di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, pada Sabtu, tanggal 4 April 2020 pukul 18.30.

Dipublish oleh:
Tim Gugus Tugas COVID-19 Humbang Hasundutan.

  Administrator
  06-04-2020, 08:51:53