Sekda Pimpin Rapat Antisipasi Peningkatan Covid-19 di Humbang Hassundutan

Doloksanggul (02/12) - Sekretaris Daerah Humbang Hasundutan, Drs. Tonny Sihombing, M.IP pimpin rapat dalam rangka Antisipasi Peningkatan Jumlah Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan pada Pilkada Serentak 2020 di wilayah Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan di Ruang Rapat Sekretariat, Perkantoran Bukit Inspirasi.

Hadir pada rapat ini, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan, Juru Bicara Satgas, Drs. Hotman Hutasoit, Ir. Tumbur Hutagaol, MT, Kadis Kesehatan Drg. Hasudungan Silaban, M.Kes, Mewakili RSUD, Kaban Kesbangpol Thomson Hutasoit, SH, MH, Kasatpol PP Drs. Edy Sinaga, M.Si, mewakili BPKPAD dan Inspektorat. Sekda Drs. Tonny Sihombing, M.IP menyampaikan bahwa dalam Surat Edaran Satgas Pemprovsu Nomor 609/STPCOVID-19/XI/2020 tanggal 25 Nov 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Pengakan Hukum Protokol Kesehatan. Kita kembali diinstruksikan untuk mengecek kembali kesiapan prokokol kesehatan di setiap tempat yang memungkinkan masyarakat berkerumun.

Mengingat, sampai saat ini jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan terus meningkat. Perlu adanya evaluasi dan tindakan nyata dalam penanganan serta antisipasi penyebaran Covid-19. Pada Bulan Desember ini ada dua perhelatan besar yaitu Pilkada Serentak 2020 dan Natal & Tahun Baru 2021. Pada tanggal 9 Desember kita akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 termasuk Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menyikapi ini, Forkopimda sudah mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 Tahap Pungut dan Hitung Suara di Wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan atau Kesiapan Operasi Mantap Praja Toba 2020 di Aula DP-Silitonga Polres Humbahas. Salah satu pokok bahasannya adalah pelaksanaan Pilkada dengan mengedepankan Protokol Kesehatan karena masih dalam Pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dalam laporannya meyampaikan bahwa peningkatan jumlah terkorfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan disebabkan:
Pertama, tingginya mobilitas masyarakat yang keluar masuk ke Humbang Hasundutan.

Kedua, masyarakat kurang taat dalam pelaksanaan protokol kesehatan terutama ketika acara adat ataupun keagamaan.

Setelah peserta rapat memaparkan dan memberi saran serta masukan, ada beberapa hasil rapat antara lain. Dinas Kesehatan tetap harus melaksananan Tracing (pelacakan kontak wawancara), Testing (pemeriksaan/ swab), Treatmen (Isolasi RS / Mandiri) dan penyemprotan disinfektan.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan menyurati agar Camat dan Kepala Desa untuk meningkatkan kewaspadaan di daerah masing-masing dengan menghidupkan kembali pos-pos penjagaan. Satgas juga menyurati tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat dalam pelaksanaan acara-acara keagamaan dan adat untuk tetap dan tegas dalam mentaati protokol kesehatan.
Selain itu, satgas juga akan mengaktifkan kembali Pos-pos penjagaan di perbatasan, mengingat arus mudik pada Pilkada Serentak 2020 serta arus mudik pada Natal & Tahun Baru 2021 akan meningkat - (Diskominfo)
 

  Administrator
  03-12-2020, 09:43:32