Sikapi Virus Corona, Bupati Humbahas Tingkatkan Pencegahan

Humbahas (SIB) - Menyikapi penyebaran virus corona, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor memerintahkan seluruh jajarannya khususnya Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul, untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran virus Covid-19 itu.
 
“Saya sudah perintahkan untuk melakukan langkah-langkah taktis kepada semua OPD secara khusus Kadis Kesehatan dan Direktur RSUD untuk melakukan langkah-langkah taktis untuk melakukan antisipasi pencegahan dan penanganan sesuai aturan yang ditetapkan Kemenkes,” jawab Dosmar menjawab pertanyaan SIB via selulernya WhatsApp, Senin (2/3/2020) malam hari, pasca Presiden Jokowi mengumumkan adanya dua orang warga Indonesia positif Corona.
 
Direktur RSUD Doloksanggul dr Netty Simanjuntak mengaku sudah menerima perintah tugas dari bupati tersebut. Dia sudah memerintahkan seluruh petugas di rumah sakit tipe C itu untuk meningkatkan kewaspadaan dalam pelayanan.
 
“Dengan dipastikannya kasus Virus Corona sudah memasuki wilayah Indonesia, saya sudah mengimbau seluruh petugas kita untuk meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan pelayanan. IPCN (perawat khusus pengendali infeksi) berkoordinasi bersama bidang untuk membuat SOP terhadap petugas dalam melakukan pelayanan untuk tingkatan situasi siaga,” kata Netty.
 
Selain meningkatkan kewaspadaan, dia juga sudah memerintahkan untuk membuatkan leaflet dan poster tentang Virus Corona untuk diinformasikan kepada pasien dan keluarga pasiesn. “Kita juga suruh dibuatkan video tentang gerakan cuci tangan dan informasi-informasi kesehatan lainnya, terutama terkait Virus Corona dan segera disiarkan di TV yang ada di ruang tunggu,” kata Netty.
 
Netty menambahkan, selain anjuran itu, dia juga meminta seluruh petugas untuk memperhatikan kesehatan dan gizi dengan baik, menjaga pola makan, dan memamfaatkan waktu istirahat dengan baik. “Kita juga minta mereka (petugas) untuk tetap menjaga kesehatan. Apotek juga juga harus siap siaga dengan kebutuhan BHP/stok obat, hands rub (cairan antiseptik) di setiap ruangan juga harus disiapkan,” pungkasnya. (*)
 
Editor: Wilfred Manullang

  Administrator
  31-03-2020, 09:30:47