Wakil Bupati Humbahas Pimpin Rapat Gabungan Penanganan Covid-19

Doloksanggul, 19 Juli 2021 - Wakil Bupati Humbahas, Oloan P. Nababan, S.H, M.H., memimpin rapat gabungan Satgas Covid-19 dengan Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai tindak lanjut dari hasil rapat dengan Gubernur Sumatera Utara, Senin (19/07).
 
Wakil Bupati dalam rapat ini membahas bagaimana langkah selanjutnya yang akan di ambil sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan sekaligus evaluasi dari pelaksanaan PPKM Mikro di Kecamatan, dan Desa. Surat Edaran Bupati Humbang Hasundutan Nomor 1769 Tahun 2021 akan berakhir pada 20 Juli 2021. Rapat ini juga membahas sudah sejauh mana proses vaksinasi telah berjalan di masyarakat, kesiapan ketersediaan vaksin, dan evaluasi mengenai insentif tenaga kesehatan.
 
Berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi ternyata masih terjadi kesulitan baik di tingkat kecamatan dan desa terkait penertiban pesta.  Masih ada masyarakat yang melanggar aturan karena Satgas Covid-19 Desa kesulitan menjaga masyarakat selama 24 jam, sehingga perlu dilakukan lagi sosialisasi mengenai kebijakan ini agar bisa berjalan dengan baik.
 
Proses vaksinasi sejauh ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan penuturan para Camat, masyarakat cukup antusias dengan adanya vaksin ini. Pendistribusian vaksin yang dilakukan dari pihak Puskesmas telah dilakukan dengan metode jemput bola dengan mendatangi desa-desa, terutama desa yang memiliki akses yang minim. Untuk sementara waktu pemberian vaksin dosis pertama akan di stop sementara dan akan fokus pelaksanaan pemberian vaksin dosis kedua, karena ketersediaan vaksin yang masih menunggu pengiriman dari pihak Provinsi.
 
Ada beberapa point yang akan diajukan sebagai hasil dari rapat evaluasi ini, terutama mengenai peniadaan pesta hingga tanggal 31 Juli 2021 yang akan dibawa sebagai salah satu usulan dalam surat edaran yang akan dikeluarkan selanjutnya. Peniadaan pesta ini demi mencegah semakin banyaknya masyarakat Humbang Hasundutan yang terkena Covid-19.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, M.IP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Augus Panuturi Marbun, M.Si, Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah, Drs. John Harry, M.MA , Kepala Dinas Kesehatan, drg. Hasudungan Silaban, Kepala Dinas Perhubungan, Jaulim Simanullang, S.Pd, MM, dan Camat se- Humbang Hasundutan. (Diskominfo)

  Administrator
  21-07-2021, 09:30:38