Wakil Bupati Humbang Hasundutan Ikut Swab PCR di RSUD Doloksanggul

Doloksanggul (17/9) - Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora ikut Uji Swab Massal yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul (17/9). Hal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora juga sekaligus meninjau pelaksanaan Swab PCR dan menyampaikan agar pelaksanaan Swab ini memprioritaskan para tenaga kesehatan baik di RSUD ataupun di Puskesmas, mengingat merekalah yang bersentuhan langsung dengan pasien.

Saut juga menyempatkan diri berkomunikasi dan bertanya dengan para tenaga kesehatan dari BTKL-PP yang melaksanakan Uji Swab di RSUD, berapa lama proses mulai dari pelaksanaan Swab sampai memperoleh hasil Swab oleh peserta Uji Swab PCR. Dibutuhkan waktu 7 s/d 10 hari baru diperoleh hasil.

Uji Swab PCR ini dilaksanakan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas I Medan Provinsi Sumatera Utara kepada 300 orang/specimen, yang sebelumnya pada Rabu, tanggal 16 September 2020 di depan Dinas Kesehatan Humbang Hasundutan dan hari ini Kamis, tanggal 17 September 2020 RSU Doloksanggul 200 orang/specimen.

Peserta untuk Uji Swab PCR diperuntukkan kepada Tenaga Kesehatan RSUD, hasil pemeriksaan Rapid test, kontak erat dengan terkorfirmasi Covid-19, Tenaga Kesehatan di Dinas Kesehatan dan UPT. Puskesmas, Pimpinan TNI, Polri dan Anggota serta Pimpinan dan staf OPD di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hari pertama pelaksanaan Swab PCR diikuti sejumlah TNI, Polri dan Pimpinan serta Staf OPD di Kabupaten Humbang Hasundutan dan hari kedua diikuti oleh Tenaga Kesehatan RSUD, hasil pemeriksaan Rapid test, kontak erat dengan terkorfirmasi Covid-19, Tenaga Kesehatan di Dinas Kesehatan dan UPT. Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan, drg. Sudung Silaban, MKes kepada media di ruang kerjanya menyampaikan terimakasih kepada semua peserta Swab PCR atas kerjasamanya sehingga pelaksanaan Swab ini bisa berjalan dengan lancar, juga terimakasih kepada BTKL-PP Kelas I Medan, Provinsi Sumatera Utara karena memberikan perhatian kepada Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga apa yang kami butuhkan saat ini yaitu pelaksanaan Swab PCR bisa terlaksana. (Diskominfo)

  Administrator
  18-09-2020, 20:18:11